SBY Dilecehkan Oleh Seorang Presenter yang Bicara Soal Ganja (?)


Pada hari Rabu, 7-12-2011), ada peristiwa yang cukup menarik perhatian yaitu peluncuran buku Hikayat Pohon Ganja di Gramedia Matraman. Tapi usai peristiwa tsb ada lagi peristiwa yang lebih menarik ketika seorang presenter yang juga seorang comedian, Pandji Pragiwaksono berbicara soal ganja dengan membawa-bawa nama Obama dan SBY.

Hal-hal yang dikatakan oleh Sang Presenter Pandji cukup penting untuk disimak dan diantisipasi, jika kita mengingat bahwa ucapan seorang public figure biasanya cenderung dibenarkan dan bahkan diikuti okeh para penggemarnya.

PENDAPAT PANJI SOAL GANJA

Jika kita menyimak ucapan Panji, ada kesan yang jelas kalau orang ini memiliki keterkaitan erat dengan ganja, paling tidak dalam soal pemikirannya.  Secara ringkas pernyataan Panji yang terkait soal ganja tsb adalah sebagai berikut:

Panji mengaku pernah nyimeng (menghisap ganja).  Mengacu pada organisasi Lingkar Ganja Nusantara, ia berpendapat  bahwa ganja tidak seberbahaya alkohol maupun zat terlarang lainnya.

Pandji menilai ganja jauh lebih bermanfaat daripada tembakau karena serat ganja bisa menjadi bahan baku tekstil dan tali tambang dan tidak menimbulkan berbagai penyakit mematikan seperti halnya rokok.

Menghisap ganja  lebih baik daripada merokok. Demikianlah Panji mengatakan. Konkritnya ia mengatakan sbb: “Daripada merokok, lebih baik ganja lah. Rokok dihisap bikin mati, kalau ganja paling-paling bikin ketawa.” (detik.com: 7-12-2011).

Yang lebih mengherankan lagi,Panji mengatakan, jika ganja dilegalkan, ia lebih bisa menerima jika anaknya, Dipo yang masih balita kelak ikut-ikutan menghisap ganja dibandingkan jika anak tersebut merokok.

BICARA GANJA KOK SBY DILECEHKAN ?

Bicara tentang zat berbahaya seperti ganja, narkotika, minuman beralkohol, dan zat adiktif lainnya tentu akan lebih layak dilakukan oleh para ahli kesehatan dan peneliti yang bergerak di bidang tsb. Dengan demikian pendapat tsb lebih bisa dipercaya dan dipertanggung jawabkan.

Ganja selama ini sudah dipahami oleh masyarakat luas sebagai salah satu zat adiktif yang berbahaya dan illegal.  Karena itu pernyataan Panji dan

organisasi Lingkar Ganja Nusantara, yang berpendapat  bahwa ganja tidak seberbahaya alkohol maupun zat terlarang lainnya, perlu direspon oleh pihak berwenang.

Lebih dari itu pihak berwenang perlu menyelidiki siapakah orang-orang yang tergabung dalam organisasi Lingkar Ganja Nusantara. Apa saja yang menjadi kegiatan mereka.  Benar tidaknya pendapat yang mengatakan

Ganja tidak seberbahaya rokok perlu secepatnya direspon agar hal ini tidak memotivasi lebih banyak orang untuk mencoba mengisap ganja dan berbisnis ganja.

Pendapat yang dilontarkan oleh orang yang bukan ahli dalam bidangnya, bukan saja kurang bisa dipercaya, tapi juga bisa menimbulkan masalah.  Begitulah yang terjadi dengan apa yang dikatakan oleh Panji.

Saat ditanya detik.com, apakah ia pernah mengisap ganja, Panji sang presenter yang juga comedian ini menjawab: “Jangankan saya, Obama saja mengaku pernah nyimeng. Bahkan saya yakin, SBY itu pasti juga pernah nyimeng.” Demikian jawaban Pandji saat ditanya apakah usai peluncuran buku Hikayat Pohon Ganja di Gramedia Matraman, pada hari Rabu 7-12-2011.

Jawaban yang terkesan melecehkan tokoh penting dan gak nyambung ini keruan saja menimbulkan kecaman dari beberapa pihak. Wakil Ketua DPR Pramono Anung menilai ucapan presenter Pandji Pragiwaksono sebagai hal yang tak pantas karena membawa-bawa simbol Negara.

Mang Juki (Ketua DPR Marzuki Alie) mengecam gaya bercanda presenter Pandji Pragiwaksono yang menyebut SBY pernah nyimeng. Menurut Mang Juki, gaya bercanda seperti ini jelas salah kaprah.

Juru bicara Presiden SBY Julian Aldrin saat diminta tanggapannya atas ucapan Panji mengatakan: “Masa saya harus berkomentar menanggapi halusinasi seseorang?  Yang benar saja.”

Seseorang yang ditanya pernah atau tidak mengkonsumsi ganja, tentu jawabannya cukup singkat saja yaitu, katakan pernah atau katakan tidak pernah.  Ini kok jawabannya jadi melambung tinggi sampai membawa-bawa nama tokoh penting ?

Jangan-jangan jawaban tsb terlontar karena dipengaruhi oleh efek samping dari ganja, sehingga terjadilah halusinasi seperti yang dikatakan oleh jubir presiden, Julian Aldrin ?

About maulana subekti
Anything iss OK

One Response to SBY Dilecehkan Oleh Seorang Presenter yang Bicara Soal Ganja (?)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: