Pentingnya Sarapan


Ketika saya masih kecil, teman – teman saya sering bertanya, “Kamu sudah sarapan?” Saya dengan bangga akan bilang, “Sudah.” Ketika guru SD saya mendengar hal itu, beliau langsung memuji kebiasaan sarapan yang sudah diterapkan orangtua saya sejak kecil. Pertanyaan yang sering muncul di otak saya saat itu adalah “Mengapa butuh sarapan? Teman – teman saya masih bisa bermain tanpa sarapan.” Dan, jawaban itu saya temukan di beberapa artikel beberapa tahun kemudian. Artikel tersebut ditulis berdasarkan wawancara dengan dokter gizi salah satu rumah sakit di Jakarta, dr Ekky M Rahardja.

Sarapan sangat disarankan para dokter untuk kita lakukan sebelum memulai rutinitas kita. Mengapa? Sarapan berfungsi untuk meningkatkan produktivitas kita serta memaksimalkan kinerja sistem pencernaan kita. Setelah makan malam, sistem pencernaan kita istirahat cukup lama. Akibatnya, enzim – enzim pencernaan kita juga istirahat.
Dengan sarapan, enzim yang terlelap tadi akan dirangsang sehingga dapat mencerna makanan yang masuk pada tubuh. Jika enzim dipuasakan dan baru dirangsang saat makan siang, ada beberapa enzim yang tidak akan bekerja maksimal. Beberapa zat makanan yang masuk dalam tubuh tidak akan diubah menjadi molekul – molekul yang bisa diserap usus. Akibatnya, zat tersebut tidak tercerna dan membusuk di usus. Lebih buruk lagi, zat – zat tersebut akan berubah menjadi racun dalam tubuh.
Sarapan juga meningkatkan produktivitas otak kita. Otak membutuhkan energi untuk bekerja, layaknya organ tubuh yang lain. Energi hanya didapatkan dari proses pembakaran glukosa yang ada dalam makanan. Nah, jika tidak ada makanan yang masuk, bagaimana cara otak mendapatkan energi? Maka, dibutuhkanlah sarapan untuk itu.

About maulana subekti
Anything iss OK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: