Wow!! Purworejo Kembangkan Mobil Berbahan Bakar Air


Suara Merdeka

TERNYATA bukan tak mungkin lagi mengalihkan bensin menjadi air, sebagai bahan bakar penggerak mobil. Guru dan siswa SMKN 1 Purworejo, Jawa Tengah, tengah mengembangkan air sebagai pengganti bahan bakar minyak untuk menggerakkan kendaraan bermotor.

Dalam gelar karya siswa SMK Purworejo terselip satu stand yang menampilkan satu unit mobil yang diklaim berbahan bakar air. Mobil tersebut merupakan karya guru SMKN 1 Purworejo bekerjasama dengan inovator reaktor steam Bambang Sudibyo. Terdapat satu unit mobil jeep putih berplat merah tampak dibuka kapnya.

Cara kerja mesin reaktor diketahui, menggunakan unsur hidrogen dari air yang disatukan dengan pembakaran bensin. Alhasil bensin mampu dihemat sampai 50 persen. Memang saat ini baru terpasang reaktor, tapi nanti apabila sudah dipasang reaktor ketiga, maka diyakini bisa murni menggunakan bahan bakar air dan oli saja.

Alat yang digunakan adalah instrumen tambahan sistem pembentukan hidrogen yang dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja mesin dan menekan polutan gas buang.

Sistem ini terdiri dari dua buah reaktor. Satu reaktor merupakan pembangkit uap air dan pengendali panas yang menghasilkan uap air panas pada konsentrasi rendah hingga kerapatan ikatan senyawa air merenggang.

Uap air panas itu kemudian dipertemukan dengan gas hidrokarbon hasil dari reaktor karburasi. Gas ini memiliki sifat indotermal yang bereaksi dengan uap air pada kondisi panas dan memiliki konsentrasi rendah hingga terjadi reaksi kesetimbangan.

Alat ini telah diuji coba di kendaraan jenis Toyota Landcruiser. Hasilnya menunjukkan mobil yang biasanya menghabiskan satu liter solar untuk menempuh jarak empat kilometer, setelah menggunakan alat tersebut dapat meningkat jarak tempuhnya menjadi delapan kilometer.

Diharapkan penemuan ini akan mengurangi polusi udara dan dikembangkan bukan hanya untuk mobil, namun juga kendaraan roda dua.

About maulana subekti
Anything iss OK

One Response to Wow!! Purworejo Kembangkan Mobil Berbahan Bakar Air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: